Spot Berburu Ikan Toman Monster di danau PLTA Koto Panjang

Toman Monster PLTA Koto Panjang

Danau PLTA Koto Panjang memang nggak ada matinya. Danau yang terbentuk dari genangan bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air ini menyimpan banyak potensi alam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat diantaranya menjadi lokasi keramba jaring apung, objek wisata alam serta tempat berburu ikan air tawar yang menjanjikan. Salah satu target para pemburu ikan di danau PLTA adalah ikan toman yang saat ini sedang naik daun karna banyak yang menjadikan ikan ini sebagai koleksi dalam akuarium mereka. Ikan Toman

Para pemburu ikan di danau PLTA menggunakan banyak cara, diantaranya memancing dengan bermacam-macam teknik, menjaring, menjala dan menembak ikan dengan cara menyelam. Kami dari komunitas Shooting Underwater Club (SUC) biasa berburu ikan dengan cara menembak pada malam hari. Spot yang menjadi lokasi menembak adalah anak-anak sungai yang mengalir ke danau, mengingat kedalaman airnya masih memungkinkan untuk diselam. Kegiatan menyelam ini tentu saja mengandung resiko yang sangat besar, sehingga tidak disarankan bagi kalian yang belum cukup pengalaman serta tidak mahir berenang.


Waktu berburu ikan toman yang paling baik adalah ketika kondisi air danau sedang surut. Pada saat ini ikan toman sering bermain di air-air dangkal, berdiam diri menunggu ikan-ikan kecil untuk dimangsa. Jika kalian adalah pemancing, maka memancing ikan toman ini sangat cocok menggunakan teknik casting dengan umpan buatan yang menyerupai anak ikan. Ukuran ikan toman di sini banyak yang di atas 3 Kg, bahkan dari cerita warga ada yang sampai ukuran berat 50 Kg. Tangkapan saya yang paling berat hingga saat ini sekitar 3 Kg dengan cara menembak.

Bagi kalian yang ingin memancing ikan toman di danau PLTA Koto Panjang dapat menyewa perahu nelayan yang sudah banyak tersedia di dermaga. Kalian juga bisa minta diarahkan ke spot-spot yang potensial untuk memancing toman, biasanya para nelayan di sana telah sangat memahami lokasi mana saja yang banyak ikan tomannya. Pemancing bisa menyewa perahu seharian full dengan biaya kurang lebih 400 ribu rupiah atau hanya minta antarkan ke spot pancing dan pada sore harinya dijemput lagi dengan biaya sekitar 30-50 ribu rupiah untuk antar jemput, tergantung jarak spot dari dermaga. Perahu yang digunakan nelayan di sini adalah perahu kayu dengan mesin robin. Beberapa perahu sudah dilengkapi dengan atap untuk kenyamanan pemancing.

Spot memancing toman Danau PLTA Koto Panjang

Spot memancing toman di Danau PLTA Koto Panjang memang sudah banyak diketahui oleh para pemancing. Hal ini tak lepas dari salah satu acara televisi "mancing mania" yang pernah melakukan shooting casting toman di lokasi ini. pada saat itu, pemancing dari stasiun TV nasional tersebut mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, banyak strike toman monster. Semenjak saat itu, lokasi memancing danau PLTA Koto Panjang semakin banyak diketahui oleh para pemburu ikan toman.

PLTA Koto Panjang sendiri terletak di Kabupaten Kampar. Dari Kota Pekanbaru, jarak tempuhnya sekitar 2 jam hingga ke dermaga yang terletak di desa merangin, tepatnya di dermaga angkut keramba jaring apung. Dari dermaga ini untuk sampai ke spot, dapat memakan waktu tempuh sekitar satu jam menggunakan perahu motor. Disarankan bagi pemancing untuk membawa payung.

Berikut video perburuan kami mendapatkan ikan toman monster di danau PLTA Koto Panjang: klik di sini

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Sungai Bungo, Dusun Terpencil di Belantara Hutan Rokan Hulu Riau