Ngebolang, Twewew (Rencana Pendakian Gunung Salak)


Selesai pelatihan di Bogor saya berencana naik gunung. Searching di mulai. Cari info gunung yang mau didaki, pos pendakian, kondisi jalurnya, transportasi umum menuju pintu pendakian, dan tempat sewa peralatan outdoor di Kota Bogor.
Setelah pilih-pilih gunung, saya putuskan ke Gunung Salak dibanding dua gunung lainnya yang juga dekat dari Bogor, Gede dan Pangrango. Alasannya, untuk mendaki Gunung Gede Pangrango harus daftar terlebih dahulu paling lambat tiga hari sebelum waktu pendakian, dan saya mendaki dadakan. Oke... fix naik Gunung Salak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Cari info lebih detail dimulai,...
Gunung Salak memiliki beberapa point untuk didaki yaitu Puncak Salak 1 (Puncak manik), Kawah Ratu dan Puncak Salak 2. Ada lima jalur yang biasa digunakan untuk mendaki Gunung Salak, dan saya memilih jalur yang paling banyak di lalui pendaki, Jalur Cidahu. Lalu, cari info tempat penyewaan alat outdoor. Saya butuh tenda, sepatu tracking, kompor dan nesting. Searching dimulai, googling, IG-ing, dll...
Dari sekian banyak tempat, saya putuskan sewa alat outdoor di Kenventured "Your Outdoor Consultants" (IG :kenventured). Waktu saya sambangi lokasi, pemiliknya, Mas Ken sedang tidak di rumah, masih kerja. Walhasil saya dilayani oleh ibunya Mas Ken, Buk Ichi, usia lebih kurang 67 tahun. Kerennya, Bu Ichi ini di umur yang sudah sangat senior masih aktif mendaki, akhir tahun 2018 lalu, beliau baru saja mendaki Gunung Salak, gunung yang akan saya daki. Pendaki senior ini memberikan banyak informasi soal gunung salak, serta petuah-petuah yang sangat bermanfaat. Jiwa pendakinya sangat kental, humble, ramah, mudah akrab bahkan dengan orang baru, tidak sungkan berbagi cerita pendakiannya, dan sebuah ajakan untuk mendaki bareng jika ada waktu dan kesempatan. Beliau sangat ingin mendaki Gunung Kerinci. Pertemuan singkat dengan Bu Ichi sangat berkesan, paling berkesan saya dipinjamkan carrier kesayangannya, GRATIS... 😁😁
With Ibu Cisi
Koleksi Kenventure
Perjalanan menuju Cidahu, Pintu pendakian Salak. Dari kenventured saya menuju kawasan Sukasari naik Ojol, kemudian naik angkot tujuan Terminal Cicurug. Perjalanan menuju Cicurug lebih kurang satu jam, ongkos Rp 15.000. Dari terminal Cicurug, naik angkot tujuan terminal Cidahu, 30 menit perjalanan, ongkos Rp 8.000. Kemudian naik Ojek ke pos pendakian, Camping Ground cidahu, 15 menit, ongkos Rp 30.000. Pukul 10.00 malam saya sampai di pos pendakian, beli karcis masuk, dan...
"Maaf mas, pendakian ke puncak gunung salak dan kawah ratu TUTUP..."
"What..??? #*@^%()##^&*#*!!_+ ' #$#!!!!!!!!!!.........."
................................... @_@
"twewew...."
Haruskah balik kanan..? (to be continue... 😅)

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Sungai Bungo, Dusun Terpencil di Belantara Hutan Rokan Hulu Riau