Riau Juga Punya Wisata Pulau yang Eksotis


Provinsi Riau selama ini diketahui oleh banyak orang sangat sedikit memiliki lokasi wisata alam jika dibandingkan dengan beberapa Provinsi di sekitarnya terutama Provinsi Sumatera barat. Oleh karena itu tidak heran jika setiap akhir pekan ataupun hari-hari libur nasional , masyarakat Provinsi Riau terutama yang ada di Ibukota Pekanbaru lebih memilih untuk berlibur dan berwisata ke Sumatera Barat. Karena memang Provinsi Sumatera Barat manyuguhkan banyak sekali lokasi wisata mulai dari wisata gunung sampai wisata pantai atau pulau. Namun tentu saja untuk berwisata ke tempat-tempat tersebut memerlukan biaya yang cukup mahal terutama untuk transportasi dari Kota Pekanbaru.


Nahh, bagi kalian yang tidak memiliki cukup budget namun tetap ingin berwisata dengan nuansa pulau, tempat ini bisa menjadi alternatif yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lain. Tempat wisata ini adalah Danau PLTA Koto Panjang yang terletak di Kabupaten Kampar. Danau yang terbentuk dari hasil bendungan Sungai Kampar ini terbilang cukup luas. Karena dulunya wilayah sekitar Sungai Kampar berupa perbukitan, maka saat bendungan ini dibangun yang mengakibatkan terbentuk genangan air yang cukup luas dan dalam, terbentuklah beberapa pulau kecil yang merupakan puncak-puncak bukit tersebut. Pulau-pulau yang terbentuk ini memang tidak seperti pulau-pulau wisata lain yang memiliki hamparan pantai berpasir dan juga tidak ada deburan ombak khas pantai. Namun, kondisi alam yang masih sangat asri di sekitar lokasi danau PLTA, dan hutannya menjadi daya tarik tersendiri dari lokasi wisata ini. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang tanpa kebisingan dan keramaian, maka tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.


Namun saat ini pengembangan wisata di daerah Danau PLTA ini masih belum mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah setempat. Akan tetapi, sarana transportasi untuk mengunjungi pulau di sini sudah banyak tersedia. Perahu-perahu bermotor milik masyarakat sekitar dapat disewa untuk menyebrang sampai ke pulau. Salah satu Pulau yang dapat dikunjungi adalah Pulau Tonga.


Untuk sampai ke Pulau Tonga, cukup ditempuh dengan waktu 20 menit dari titik penyebrangan. Simpang menuju lokasi penyebrangan berada di jalan lintas Sumbar-Riau. Sepanjang perjalanan dengan perahu, kita disuguhi dengan pemandangan yang masih alami dan juga keramba-keramba ikan milik masyarakat. Air yang cukup jernih dan tenang membuat nyaman mata memandang. Bagi yang suka memancing, di tempat ini juga banyak terdapat spot-spot untuk memanciing. Ikan air tawar di sini sangat banyak dengan ukuran yang cukup besar seperti Ikan Nila, Ikan Mas, Ikan Toman dan lain-lain.


Jadi, bagi kalian yang ingin menikmati suasana tenang dan nyaman jauh dari kebisingan dan keramaian, maka berkunjung ke pulau yang ada di Danau PLTA Koto Panjang bisa menjadi alternatif yang menarik. Akan tetapi, tetap ingat satu hal, JAGA KEBERSIHAN DAN KELESTARIAN ALAM dimanapun kalian berwisata.


Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Sungai Bungo, Dusun Terpencil di Belantara Hutan Rokan Hulu Riau