Rock Climbing, Uji Nyali di Tebing Alam



Rock Climbing atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama Panjat Tebing merupakan salah satu olah raga ekstreme yang banyak diminati oleh para penikmat adrenalin. Olah raga ini meskipun bukan termasuk olah raga populer yang dikenal oleh semua orang, namun saat ini sudah banyak digandrungi oleh para pecinta olah raga dan pecinta kegiatan alam bebas.

Awalnya panjat tebing merupakan bagian dari kegiatan pendakian gunung, terutama gunung2 yang memiliki jalur vertikal. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini Panjat Tebing telah menjadi cabang olahraga tersendiri, baik untuk dipertandingkan maupun hanya untuk hoby bahkan kebutuhan komersil.

Belakangan, kegiatan alam bebas sangat digandrungi oleh anak muda. Panjat tebing menjadi salah satu kegiatan alam bebas yang kemudian ikut digandrungi hingga membuat peminat olah raga ini semakin bertambah. Namun, tentu saja tidak semua orang menyukai olahraga ini karena tingkat resikonya terbilang cukup tinggi.

Salah satu tempat yang sangat cocok untuk kegiatan panjat tebing adalah Tebing Lembah Harau yang berada di Payukumbuh, Sumatera Barat. Tebing Lembah Harau merupakan gugusan tebing alam yang memiliki banyak jalur pemanjatan. Jalur yang berada di Tebing Harau sangat bervariatif, mulai dari jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan rendah hingga jalur yang membutuhkan kepiawaian untuk menaklukkannya. jalur ini telah dipanjat oleh pemanjat dari berbagai daerah baik pemanjat lokal, nasional maupun internasional.

Bagi saya, dapat melakukan olah raga penjat tebing merupakan suatu kebanggan tersendiri. Dapat melakukan hal yang tidak banyak orang yang dapat melakukannya merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi saya.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Sungai Bungo, Dusun Terpencil di Belantara Hutan Rokan Hulu Riau