Ma'awuo Ikan Danau Bokuok


Ma'awuo Ikan Danau Bokouk merupakan salah satu acara adat di Desa Danau Bingkuang, Kabupaten Kampar, Riau yang sekaligus menjadi ajang pesta rakyat masyarakat Desa Danau Bingkuang dan desa-desa sekitarnya. Ma'awuo adalah kegiatan menangkap ikan bersama yang dilakukan oleh masyarakat di sebuah danau yang bernama Danau Bokuok.



Danau Bokuok merupakan sebuah danau kecil yang berada di Desa Danau Bingkuang. Pada hari-hari biasa, disepakati secara adat bahwa masyarakat dilarang menangkap ikan di danau tersebut. Pelarangan ini disepakati setelah danau bokuok digenangi banjir besar yang berasal dari sungai kampar. Semenjak danau digenangi banjir, maka ninik mamak setempat mengeluarkan larangan untuk menangkap ikan hingga disepakati waktu menangkap ikan bersama pada acara Ma'awuo. karena periode banjir besar tidak menentu, maka acara Maawuo juga tidak dapat ditetapkan periodenya, terkadang sekali dalam setahun, terkadang hingga sekali dalam tiga tahun.

Pembukaan acara Ma'awuo biasanya ditandai dengan pelemparan jala pertama oleh kepala daerah, baik bupati atau gubernur yang menghadiri acara tersebut. Setelah itu masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan Ma'awuo ini berramai-ramai melemparkan jala  mereka untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya.


Karna merupakan pesta rakyat, masyarakat sangat antusias berbondong-bondong menyaksikan dan mengikuti acara ini. Permukaan danau dipenuhi oleh perahu-perahu peserta yang telah siap dengan jala masing-masing. Tidak dikenakan biaya sama sekali bagi siapapun yang ingin ikut menangkap ikan dalam acara ini. Di tepian danau telah berdiri tenda-tenda masyarakat yang menyaksikan proses penangkapan ikan, sekaligus bersiap untuk memasak hasil tangkapan. Selain itu pedagang-pedagang makanan juga turut serta meramaikan helat ini.








Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Sungai Bungo, Dusun Terpencil di Belantara Hutan Rokan Hulu Riau