Spearfishing "hoby lama muncul kembali"


Kegiatan berburu ikan memang tidak ada habisnya. Banyak orang yang menjadikan aktifitas ini sebagai hoby bahkan banyak yang dapat emnghasilkan uang. Ada berbagai teknik yang dilakukan untuk berburu ikan, mulai dari yang ramah lingkungan hingga yang dapat mengakibatkan kerusakan pada ekosistem perairan tempat berburu tersebut (yg terakhir jangan dilakukan ya kawan-kawan...).

Kagiatan berburu ikan  yang tidak ramah lingkungan diantaranya adalah meracun dengan menggunakan bahan kimia, menyentrum ikan, pukat harimau yang dapat menghancurkan terumbu karang dan lainnya. Banyak kerugian yang diakibatkan oleh aktifitas-aktifitas ini pastinya, baik kerugian untuk lingkungan, masyarakat sekitar bahkan kerugian bagi pelaku sendiri. Salah satunya adalah habitat ikan akan rusak sehingga ikan-ikan yang ada di perairan tersebut akan menghilang.

Untuk itu, bagi kawan-kawan semua yang hoby berburu ikan, lakukanlah dengan cara-cara yang ramah lingkungan ya, seperti memancing dengan memilih hanya ikan besar saja, menjala, menjaring, perangkap ramah lingkungan serta cara-cara lain yang lebih selektif dalam menangkap ikan buruan. Pastikan ikan yang ditangkap tidak dalam kondisi langka di tempat kalian, serta pilih yang ukurannya sudah besar, biarkan ikan kecil berkembang. Yang paling penting juga, jangan menangkap ikan yang sedang dalam masa bereproduksi atau menjaga anaknya agar ikan di tempat kalian tetap terjaga kuantitasnya.

Ngomong-ngomong soal berburu ikan yang ramah lingkungan, ada satu aktifitas yang sangat rekomended untuk kalian lakukan. Menurut berbagai literasi, aktifitas fishing ini adalah yang paling ramah lingkungan, karna si pemburu benar-benar selektif dalam menangkap ikan buruannya. Mau tau jenis berburu ikan apa yang dimaksud..?

Namanya 'Spearfishing". Spear dalam bahasa inggris artinya adalah tombak, sehingga spearfishing adalah kegiatan berburu ikan dengan menggunakan tombak atau tembak, biasanya lebih dikenal dengan sebutan  speargun. Nah... berburu dengan cara ini dilakukan dengan menyelam ke dalam air menggunakan seperangkat alat berburu seperti, speargun, kacamata selam, wetsuit atau baju selam dan fin atau kaki katak untuk berenang. Untuk spearfishing di sungai-sungai kecil biasanya cukup menggunakan speargun tradisional dan kaca mata selam tradisional.

Speargun
Speargun Modern untuk di laut atau danau
Gambar mungkin berisi: pohon, luar ruangan, air dan alam
Speargun dan kaca mata tradisional

Kagiatan berburu ikan ini sebenarnya sudah saya lakukan semenjak masih kecil, kebetulan dulu saya besar dan tinggal di daerah sungai. Namun, beranjak dewasa, kegiatan ini tidak pernah lagi dilakukan karena kesiibukan dan pindah ke daerah yang jauh dari sungai sehingga menembak ikan menjadi kenangan indah di masa kecil...

Akan tetapi, beberapa waktu belakangan saya berjumpa dengan kawan-kawan yang hoby melakukan kegiatan menembek ikan ini sehinngga sayapun termotivasi untuk melanjutkan hoby masa kecil ini, tentu saja dengan level yang berbeda dengan yang dahulu. Saya sudah mempersiapkan peralatan yang lebih memadai dan dengan teknik tahan nafas yang mulai saya latih.

sekian cerita singkat saya tentang hoby baru yang bersemi kembali, dan nantikan cerita-cerita berikutnya tentang kegiatan spearfishing di blog ini yaa. Buat kalian yang juga hoby berburu ikan, jangan lupa lakukan dengan cara-cara yang ramah lingkungan ya, agar sumberdaya ikan di tempat kalian berburu tetap terjaga dan hoby kalian jalan terus...

ohyaaa... bagi kawan-kawan yang mau tau gimana serunya berburu ikan dengan cara spearfishing, cek videonya di sini ya Spearfishing Riau .

Salam satu nafas...! (ini salamnya para pelaku spearfishing atau Spearo)

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Sungai Bungo, Dusun Terpencil di Belantara Hutan Rokan Hulu Riau