Sungai Bungo, Dusun Terpencil di Belantara Hutan Rokan Hulu Riau

Halloo Sahabat ..!!!

Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang sebuah dusun yang sangat terpencil yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata terutama bagi kamu yang suka wisata alam dan petualangan. Dusun ini terletak di tengah hutan yang masih alami dan sangat asri.


Sungai Bungo adalah salah satu dusun yang terletak di Desa Sialang, Kecamatan Rambah, kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Untuk sampai kesana kalian harus melewati jalan sempit yang melintasi hutan rimba. Pintu masuk menuju daerah ini terletak di bendungan Danau Cipogas yang juga merupakan salah satu objek wisata di Rokan Hulu.

Kondisi jalan menuju Dusun Sungai Bungo
Dari Bendungan Cipogas kalian butuh waktu lebih kurang 30 menit untuk sampai ke Dusun Sungai Bungo. Tapi tidak perlu khawatir, karna sepanjang jalan kalian bisa menikmati suasana hutan yang masih sangat terjaga kelestariannya. dan juga di salah satu titik kalian bisa menikmati panorama pemandangan hamparan hutan yang sangat luas

Panorama bentangan hutan yang sangat indah 
setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit , kamu akan sampai di Dusun Sungai Bungo. Penghuni dusun ini hanya lebih kurang 35 Kepala Keluarga. Warga di sini cukup ramah terhadap pengunjung dari luar. Kabarnya, daerah ini oleh pemerintah setempat akan dijadikan sentra wisata bunga, karna banyak jenis bunga dan tanaman hias yang ditanam oleh warga. dan untuk keperluan itu, pemerintah telah bekerjasama dangan IPB guna melakukan penelitian terkait budidaya bunga dan tanaman hias di sini.




Naahhh... bukan cuma itu saja yang ada di Dusun Sungai Bungo. Kalian juga bisa mendatangi objek wisata air terjun yang letaknya tidak terlalu jauh dari perkampungan warga. Jalan menuju air terjun sangat jelas dan kondisinya cukup baik.



Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit, kalian akan sampai di air terjun. di lokasi air terjun ini rencananya akan dibangun sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk pasokan listrik di pemukiman warga. Kondisi air terjun ini masih sangat alami dan suasananya yang sangat asri sangat cocok buat kamu yang ingin refresh. Jumlahnya ada dua tingkat air terjun.




nah itu dia beberapa informasi yang bisa saya bagikan buat kalian semua yang suka wisata, terutama wisata alam. Dan satu lagi jika kalian beruntung, saat perjalanan pulang kalian bisa menikmati panorama sunset di tempat awal kalian menikmati panorama bentangan hutan.


bagaimana menurut kalian, tertarik untuk berkunjung kesini...? tapi jangan lupa yaa, tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam dimanapun kalian berwisata. kalau butuh info lebih lanjut, silahkan tanya di kolom komentar yaaa

wassalaam!!!



Comments

  1. yaapp, sekali-sekali coba wisata di Riau bung Donny. InsyAllah nggak bakalan kecewa :)

    ReplyDelete
  2. pulang pulang dari dusun bungo tepar woiii, ,di perjalanan serasa mau nangis ,tapi kalo udh sampi air terjunnya sih,lumayan terbayar lah capeknyaa,dan lumayan juga,sebelum ke dusun sungai bungonya bisa mampir dulu di bukit sunset

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Mancokau Ikan Lubuk Larangan