Gunung Marapi Sumatra Barat, Primadona Para Pendaki

Gunung Marapi Sumatra Barat merupakan salah satu gunung yang menjadi primadona para pendaki , baik para pendaki lokal maupun para pendaki yang datang dari provinsi lain seperti Riau, Jambi, Sumut bahkan para pendaki dari pulau jawa. Keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Marapi merupakan daya tarik tersendiri bagi para pendaki untuk mengunjunginya, bahkan beberapa pendaki sudah melakukan pendakian ke gunung ini hingga puluhan kali. Suasana gunung yang indah , nyaman dan damai membuat rindu para pendaki untuk kembali lagi. 

Untuk melakukan pendakian ke Gunung Marapi, para pendaki memulainya dari pasar koto baru, sebuah desa yang terletak tidak jauh dari Kota Bukit Tinggi. Dari Koto baru, perjalanan dilanjutkan ke area bekas tower yang merupakan tempat registrasi para pendaki serta tempat untuk menitipkan kendaraan. Dari sini perjalanan sudah dilanjutkan dengan berjalanan kaki menuju pesanggrahan, kemudian parak batuang dan perjalanan untuk sampai ke puncak Marapi pun dimulai. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke cadas Marapi ditempuh dengan waktu 5-7 jam, tergantung kecepatan para pendaki.

Sepanjang perjalanan terdapat beberapa titik untuk mengisi perbekalan air. Jalur yang dilalui juga sudah sangat jelas dan tingkat kesulitan jalur pendakian masih tidak terlalu sulit. Gunug Marapi memiliki ketinggian 2891,3 Mdpl (http://www.gosumatra.com) sehingga suhu udaranya tergolong cukup dingin.

Beberapa titik yang menjadi tujuan para pendaki di Gunung Marapi adalah :

1. Tugu Abel Tasman

Menurut cerita beberapa orang pendaki, Tugu Abel Tasman ini dibangun untuk mengingat salah seorang pendaki yang hilang di Gunung Marapi ini. Dari Tugu Abel kalian dapat menikmati panorama pemandangan yang sangat luas dan pastinya menyejukkan hati. dan jika kalian beruntung saat cuaca cerah berawan, maka kalian akan merasakan pemandangan samudra awan dari sini.

Tugu Abel Tasman Mt. Marapi
Viem Mt. Singgalang dari Tugu Abel Mt. Marapi

2. Lapangan Bola

Tempat ini merupakan sebuah hamparan yang mirip lapangan, sehingga dinamakan lapangan bola. pada hari hari tertentu lapangan ini digunakan oleh para pendaki untuk tempat upacara bendera, seperti saat memperingati hari kemerdekaan RI. Di tempat ini ada kebiasaan para pendaki yaitu menyusun batu batuan yang ada di sana membentuk pola pola tertentu.


3. Kawah Gunung Marapi

Di sini kalian akan melihat pemandangan kawah dari gunung marapi yang sangat besar. untuk mengunjungi kawah ini para pendaki harus sangat berhati-hati jangan sampai terjatuh ke dalam kawah yang cukup dalam ini.




4. Puncak Merpati

Puncak Merpati merupakan puncak tertinggi di Gunung Marapi. tempat ini sangat sempit, sehingga pada hari-hari tertentu saat banyak pendaki yang naik ke sini, maka akan terjadi antrian untuk dapat mencapai puncak merpati. Jika sedang beruntung mendapatkan cuaca yang cerah saat berada di puncak merpati, maka para pendaki dapat melihat view Danau Singkarak dari sini. Selain Puncak Merpati juga ada Puncak Garuda di Gunung Marapi, namun yang paling sering dikunjungi adalah Puncak Merpati.



4. Taman Edelweis

Salah satu kelebihan yang dimiliki Gunung Marapi dibandingkan dengan gunung lain yang ada di Sumatra Barat adalah Taman Edelweis. Di Taman Edelweis ini terdapat banyak sekali tanaman bunga edelweis dalam beberapa hamparan yang cukup luas. Tidak semua pendaki beruntung dapat menikmati wanginya Sang Bunga Abadi Edelweis, karna bunga ini tidak mekar setiap saat.




Demikian lah beberapa tempat yang dapat kalian kunjungi saat berada di Gunung Merapi Sumatra Barat. Namun ada satu tempat yang tidak boleh didatangi oleh para pendaki saat berada di Gunung Marapi, tempat ini adalah Hutan Larangan. Konon apabila pendaki memasuki areal Hutan Larangan ini maka tidak akan menemukan jalan untuk kembali alias tersesat.

Tapi, bagi kalian yang ingin mencari ketenangan jangan mendaki Gunung Marapi di hari-hari libur nasional, karna Gunung Marapi akan sangat ramai dikunjungi oleh para pendaki pada waktu-waktu itu. 

Bagaimana menurut Kalian?? Tertarik untuk mendaki Gunung Marapi Sumatra Barat?? Tapi jangan Lupa yaa  pesan dari saya, TETAP JAGA KEBERSIHAN DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN dimanapun kalian berwisata ...!!!!



Wassalaam!!!

Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Mancokau Ikan Lubuk Larangan