Semoga Bukan Asap


Memasuki musim kemarau di awal Bulan Maret ini, Riau kembali menjadi sorotan. Pasalnya bencana kabut asap tebal yang menimpa Provinsi ini tahun lalu belum genap setengah tahun menghilang kini mulai dibayang-bayangi akan muncul kembali. Betapa tidak, di beberapa media cetak lokal banyak berita yang mengabarkan bahwa sejumlah lokasi di beberapa kabupaten mulai terjadi kebakaran lahan dan hutan. 

Kemarin, saat hendak ke Kabupaten rokan Hulu saya melintasi Desa Rantau berangin. Dalam jarak pandang beberapa ratus meter terasa pandangan mengabur yang entah karna memang cuaca yang sedang berkabut atau sebab lain. Dalam hati berharap semoga ini bukan pertanda bahwa bencana kabut asap akan terulang lagi di awal tahun ini. Saya sempatkan mengambil sebuah foto dari ketinggian, nampak jelas kabut menyelimuti daerah tersebut walaupun masih sangat tipis. Seorang kawan mengatakan mungkin itu embun, tapi mungkinkah ada embun di siang hari yang  cukup panas. 

Semogalah, aksi tanggap yang dilakukan oleh berbagai pihak seperti BPBD. TNI/POLRI, Kehutanan, dan instansi-instansi lain dapat mencegah bencana kabut asap seperti tahun-tahun lalu, mengingat memang di Bulan Maret ini beberapa lokasi sudah mulai terbakar. Semoga semua pihak dapat bersinergi dan bukan bersitegang dalam hal penyelesaian masalahh ini. Dan semoga tahun ini tidak ada lagi bencana kabut asap. Semogalaahh...








Comments

Popular posts from this blog

Wisata Lubang Kolam, Jejak Penjajahan di Bumi Kampar

Ma'awuo Ikan Danau Bokuok

Mancokau Ikan Lubuk Larangan